Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

PESAN PENTING 'BAD GENIUS 2017': FILM TERBAIK SEPANJANG MASA


 

Setiap sekolah tentu memiliki seorang murid yang paling pintar disekolah tersebut. Ia dapat menguasai seluruh mata pelajaran dengan lebih mudah dibanding murid lainnya. Murid seperti ini biasa kita sebut dengan jenius, yang artinya memiliki kepintaran yang sudah jauh diatas rata-rata orang yang pintar dan cerdas pada umumnya. Tidak dipungkiri lagi bahwa pasti akan selalu ada murid nakal yang berusaha untuk mencontek si murid jenius agar bisa mendapat nilai yang bagus ketika ujian. Banyak dari murid jenius biasanya tidak ingin memberikan jawabannya kecuali dipaksa. Namun jangan salah sangka dulu, sebab ada pula si jenius yang kelewat jenius sehingga malah memanfaatkan kepintarannya untuk mendapat keuntungan dari murid lainnya. Contohnya yaitu seperti yang terjadi di film 'Bad Genius' ini.

Bad Genius merupakan film Thailand yang ditayangkan pada tahun 2017 lalu dan disutradarai oleh Nattawut Poonpiriya. Film ini sukses memperoleh 13 penghargaan, sehingga patut mendapat predikat salah satu film terbaik sepanjang masa. Menceritakan tentang seorang murid jenius yaitu Lyn, yang dapat dengan mudah menguasai semua mata pelajaran dengan sempurna dan menjuarai berbagai kompetisi akademis. Film ini mengajarkan kepada kita bahwa kecerdasan yang tidak dibarengi dengan kejujuran dapat membuat seseorang tidak ragu bertindak curang, sehingga membuatnya terjebak di rantai masalah yang semakin panjang.

 

 

SPOILER ALERT!

Tulisan selanjutnya mengandung sedikit spoiler, jadi buat kalian yang belum nonton sebaiknya jangan baca dulu sebelum nonton, karna bisa mengurangi serunya kejutan dari film ini. Tapi jika kalian merasa tidak tergannggu maka silahkan dibaca. Pada intinya film ini sangat menarik sekali sehingga sayang untuk dilewatkan bagi para penikmat film. Terutama karna bagusnya pelajaran yang disampaikan melalui film ini.

 

 

 Lyn merupakan murid jenius di sebuah sekolah favorit di Thailand. Ia telah banyak menjuarai olimpiade akademis, serta memiliki nilai-nilai yang sempurna disemua mata pelajaran. Suatu ketika ia berteman dengan Grace yang memiliki masalah dengan nilainya. Grace meminta Lyn membantunya belajar agar ia bisa mendapat nilai yang lebih baik. Suatu ketika mereka sedang menghadapi ujian dan Lyn melihat Grace kesulitan dalam mengerjakan soal hingga menangis karna takut tidak lulus. Lyn berkata pada Grace bahwa soal itu sudah pernah ia ajari dan sama persis dengan soal yang sebelumnya mereka kerjakan. Namun Grace tetap tidak bisa mengerjakan dan panik sambil menangis. Lyn yang merasa kasihan dengan Grace pun akhirnya membantunya dengan memberikan contekan.

Hal itu terus berlanjut hingga akhirnya Grace mendapat nilai yang memuaskan. Suatu ketika Lyn dan Grace sedang berada dirumah pacarnya Grace, yaitu Pat. Saat itu Lyn kaget karna ternyata Grace memberitahu Pat soal dirinya yang memberi Grace contekan saat ujian. Lyn pun merasa sedikit kesal begitu mengetahui hal tersebut. Pat yang mengetahui kepintaran Lyn akhirnya meminta Lyn untuk membantunya juga ketika ujian agar bisa mendapat nilai yang bagus. Pat menawarkan sejumlah uang yang lumayan jika Lyn mau membantunya. Awalnya Lyn ragu untuk membantu Pat sampai kemudian Pat memberitahunya tentang uang sekolah yang dibayarkan tiap orang tua murid disekolah. Semakin bodoh seorang murid maka semakin banyak pula yang dibayarkan orang tuanya ke sekolah, hingga akhirnya Lyn mau membantu Pat. 

Tak cukup sampai disitu akhirnya murid yang ingin dibantu Lyn semakin banyak dan begitu pula uang yang Lyn dapat dari mereka. Bahkan Lyn memiliki metode sendiri yang ia gunakan untuk menyebarkan kunci jawaban tanpa meninggalkan jejak dan tanpa perlu menulis contekan jawaban. Disini kita akan melihat betapa jeniusnya Lyn. Kecurangan tersebut terus berlangsung dan semakin parah hingga ke ranah internasional dalam sebuah seleksi kuliah luar negri. Lyn dapat terus melakukannya karna menganggap kecurangan itu adalah ketika seseorang dirugikan saat kita mengambil keuntungan dari orang tersebut. Namun ia lupa bahwa ia sebenarnya telah merugikan orang lain dan bahkan dirinya sendiri.

 

 

Film 'Bad Genius' ini memberikan pesan yang sangat penting sekali bagi setiap orang agar selalu memegang teguh prinsip kejujuran. Mungkin sebelumnya kita akan merasa bahwa selama kecurangan itu tidak merugikan siapapun maka boleh dilakukan. Namun kita lupa bahwa kerugian itu tidak terlihat karna telah tertutup hasrat kita yang menginginkan jalan pintas dan keuntungan semata. Karna pada hakikatnya setiap kecurangan pasti akan menimbulkan kerugian yang terus menumpuk, dan suatu saat akan menimpa diri sendiri.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar