Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

3 Tips Untuk Meninggalkan Kebiasaan Menunda

 Menunda sebenarnya bukanlah hal yang buruk jika bukan merupakan kebiasaan. Terkadang karna kondisi yang tidak memungkinkan, atau munculnya halangan yang lebih penting maka mau tidak mau kita akan menunda aktifitas kita. Namun jika 'menunda' sudah menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan. Maka itu sudah merupakan hal yang kurang baik. Kebiasaan tersebut akan mempengaruhi pola pikir seseorang, dimana mereka akan mulai meremehkan segala aktifitas yang sudah terjadwal atau dijanjikan kepada orang lain. Yang mana akan berdampak pada kepercayaan orang lain terhadap dirinya. 
 
 

Untuk menghilangkan kebiasaan menunda kita harus mulai dari memperbaiki pola pikir kita. Kita harus memahami bahwa kegiatan menunda yang berlebihan merupakan hal yang kurang baik. Karna hal tersebut berasal dari sifat malas yang ada pada diri seseorang. Seseorang akan terus menunda aktifitas jika ia sering bermalas-malasan. Nah berikut ini beberapa tips yang simpel untuk melatih diri kita menghindari sifat malas yang membuat kita menunda-nunda aktifitas, terutama bagi temen-temen yang melakukan WFH atau 'work from home'.


Calendar photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

Pertama, buat rencana yang jelas tentang kegiatan yang akan kita lakukan, baik itu tugas maupun pekerjaan. Rencana tersebut bisa temen-temen catat di ponsel atau di kalender, tergantung dari nyamannya temen-temen dalam melihatnya. Atau jika ingatan kuat dan biasa hanya mengingat rencana saja, maka cukup di ingat pun tidak masalah selama temen-temen yakin tidak akan lupa. Tapi jika kegiatan tersebut sangat penting sebaiknya tetap dicatat untuk berjaga-jaga kalau lupa.

Kedua, setelah membuat rencana beraktifitaslah seperti biasa tanpa memikirkan agenda tersebut. Namun persiapkan apa-apa saja yang kalian perlukan dalam agenda itu nanti, jika memang harus ada yang dipersiapkan. Tapi ingat jangan berpikir bahwa persiapan atau agenda tersebut adalah beban yang mengganggu. Karna dengan berpikir bahwa itu adalah beban maka kalian akan mulai malas melakukannya.

Ketiga, inilah yang paling penting dan sebenarnya merupakan kunci penting agar temen-temen bisa meninggalkan kebiasaan menunda dan sifat malas, yaitu STOP memikirkan tentang agenda tersebut sesaat sebelum mengerjakannya. Misal temen-temen bangun dari tidur karna alarm agenda yang harus dilakukan, maka ketika teman-teman sudah sadar, langsung bergeraklah tanpa berpikir sebelum lebih dari 10 detik. Ingat jangan berpikir. Karna ketika temen-temen mulai berpikir, disaat itu pula rasa malas mulai aktif. Sehingga dengan langsung bergerak tanpa berpikir akan membuat temen-temen lebih mudah mengerjakan sesuatu tanpa menunda-nunda.

Jadi pada intinya adalah hilangkan pola pikir yang menganggap suatu kegiatan entah itu tugas ataupun pekerjaan adalah beban. Lalu langsung kerjakan tanpa memikirkannya sesaat sebelum mengerjakannya. Mulailah untuk membiasakan hal tersebut maka perlahan teman-teman akan merasakan banyak manfaat darinya. Silahkan dipraktekan dan selamat mencoba.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar