Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menjaga Semangat Ketika Berpuasa

           Bulan ramadhan merupakan bulan yang paling di nanti oleh kaum muslim dan muslimin di seluruh penjuru dunia, betapa bahagia hati ini ketika ramadhan telah tiba. Selain amal ibadah yang pahalanya dilipatkan dari bulan lainnya, di bulan yang mulia ini Allah subhanahu wa ta'ala menutup pintu neraka serapat - rapatnya dan membuka pintu surga seluas - luasnya.

           Tapi kebanyakan nih dari mereka yang berpuasa malah banyak tidur pada saat bulan puasa, karena takut kehabisan tenaga jika melakukan terlalu banyak aktivitas. Nah, perspektif seperti ini mungkin saja benar, akan tetapi jika kita terlalu banyak menghabiskan waktu puasa untuk tidur sangat rugi dong. Oleh karena itu tubuh kita juga perlu membiasakan diri untuk tetap melakukan aktivitas di saat puasa, walaupun tidak seberat hari - hari ketika puasa.

           Berikut ini adalah tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk menjaga tubuh agar tetap prima ketika menjalani puasa dan tetap bersemangat melakukan aktivitas sehari - hari kamu :

Semangat Ketika Puasa
1. Menjaga pola makan yang sehat
           Ketika tidak puasa makan tiga kali sehari, maka ketika puasa juga demikian, namun waktunya saja yang berbeda. Pada saat berbuka puasa, mulailah dengan makan makanan yang ringan agar perut tidak kaget setelah di kosongkan beberapa saat. Setelah shalat maghrib atau isya barulah memakan makanan pokok kita, pola ini akan menjaga perut agar tidak bekerja terlalu berat. Ketika waktu sahur usahakan untuk sahur, jangan sampai kita tidak sahur dengan alasan malas atau merasa sanggup menjalani puasa tanpa harus sahur, ini adalah keputusan yang salah, karena tubuh perlu asupan gizi yang cukup untuk dapat beraktivitas selama puasa. Jika perut kosong maka tubuh akan kekurangan bahan untuk melakukan aktivitas ketika puasa.

2. Makan makanan yang berkarbohidrat
            Tubuh kita perlu bahan untuk memulihkan tenaga setelah kita berpuasa di siang hari, oleh karena itu makan makanan yang berkarbohidrat ketika berbuka puasa akan sangat membantu pemulihan itu, sehingga asupan nutrisi kita selama bulan ramadhan memadai.

3. Makan yang manis
            Diantara makanan yang dapat kembali meningkatkan energi kita adalah dengan mengkonsumsi makanan yang manis - manis, hal ini akan membantu mengembalikan energi kita setelah berpuasa. Selain itu makan yang manis ketika berpuasa juga termasu sunnah rosulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak
            Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan ketika berbuka puasa, atau bahkan jangan langsung mengkonsumsi gorengan ketika berbuka, karena gorengan mengandung banyak minyak yang dapat mengganggu pencernaan pada makanan selanjutnya sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

5. Makan dengant santai saat berbuka
            Saat berbuka puasa biasanya kita sangat bersemangat sekali untuk memenuhi perut kita dengan  berbagai macam makanan yang tersedia. Namun sebenarnya ini salah, karena jika tiba - tiba perut kita di masuki banyak makanan setelah seharian kosong, perut akan kaget, dan ini sangat tidak baik. Oleh karena itu mulailah dengan membaca doa, kemudian makan dengan santai dan jangan terburu-buru.

6. Lakukan aktivitas ringan
            Dalam berpuasa bukan berarti kita tidak melakukan apa - apa. Olahraga ringan di anjurkan saat menjalani puasa. Contohnya jalan pagi dan lain sebagainya, hal ini berguna untuk menjaga tubuh agar tetap prima saat berpuasa.

Nah, sekian tips yang bisa saya bagi buat pembaca, semoga bermanfaat buat kita semua. Semoga puasanya tetap semangat, ibadahnya berkah dan tubuh tetap prima yaa... Terima kasih.
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar