Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Biaya Hidup dan Tempat Tinggal di Yogyakarta

Kota Pelajar, itulah sebutan bagi salah satu daerah istimewa di Indonesia yaitu Yogyakarta. Disinilah kota yang banyak dari penghuninya merupakan pelajar yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu di kota ini juga banyak sekali terdapat perguruan tinggi yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu.

Tempat Tinggal Di Jogja


  • Biaya Hidup

           Salah satu kelebihan yang dimiliki kota ini adalah biaya hidup yang termasuk murah. Keadaan ini sangat mendukung bagi para mahasiswa atau pelajar yang merupakan perantauan dari luar wilayah ataupun pulau, seperti saya yang berasal dari luar Yogyakarta, terus terang biaya satu kali makan yang saya pakai di daerah asal saya, bisa di gunakan untuk 3 sampai 4 kali makan di Yogyakarta. Jadi kamu dapat menyisihkan uang untuk membeli keperluan yang lain. Meski demikian terkadang ada di beberapa tempat yang menjual makanan yang tidak murah atau setara dengan daerah lain yang lebih tinggi harganya, biasanya itu merupakan warung makan yang lebih mewah. Jadi, dalam urusan konsumsi semua tergantung teman-teman dalam memilih makanan.

  • Tempat Tinggal
      1. Rumah Kontrakan

             Untuk rumah kontrakan di Yogyakarta terdapat banyak sekali rumah kontrakan yang bisa kamu pilih sesuai selera dan jangkauan harga. Biasanya rumah yang dekat dengan lokasi kampus cenderung lebih mahal, namun ada juga yang murah. Kisaran harganya sekitar 8 - 15 juta keatas pertahun, tergantung dari banyaknya kamar atau ruangan yang ada di rumah tersebut serta dekorasi dan letak yang nyaman. Biasanya para mahasiswa menyewa rumah bersama-sama dengan beberapa teman, sehingga uang sewa akan lebih murah dibanding jika harus menyewa sendiri.

      2. Kos

                  Kos merupakan hunian yang paling sering di cari oleh para mahasiswa, jadi kamu jangan khawatir, karena ada banyak kos-kosan di sekitar kampus di Yogyakarta. Kos merupakan hunian mahasiswa yang paling mudah di cari. Kisaran harga sewanya sekitar 3 - 4 juta atau 300 - 400 ribu perbulan, tergantung fasilitas dan kondisi kamar yang di sediakan.

      3. Asrama

          Sebagai kota Pelajar yang dihuni oleh para perantau dari luar daerah, di Yogyakarta terdapat banyak asrama, selain asrama yang di sediakan oleh kampus, terdapat juga asrama-asrama daerah, maupun pronvinsi.

          Biaya masuk asrama cukup terjangkau karena lebih murah dibanding rumah kontrakan dan kos. Diantara kelebihan yang di berikan oleh asrama biasanya yaitu tempat tidur yang sudah disediakan serta lemari pakaian, wifi, fasilitas laundry/mesin cuci, televisi, dan lain-lain, tergantung dari pihak pengurus asrama, bahkan ada beberapa asrama yang menyediakan fasilitas seperti hotel. Di dalam keseharian biasanya asrama memiliki kegiatan yang rutin dilakukan setiap beberapa waktu yang telah di tentukan, dan tentunya kamu akan memiliki banyak teman sehingga tidak bosan. Hampir semua daerah di Indonesia, menyediakan fasilitas asrama bagi para mahasiswanya yang berada di Yogyakarta.

Untuk melihat daftar asrama daerah yang bisa kamu tinggali di Yogyakarta silahkan klik link berikut :

            Untuk dapat tinggal di asrama akan diadakan seleksi untuk masuk, karena kamar yang terbatas. Beberapa asrama daerah biasanya menerima calon mahasiswa tanpa harus membayar jika belum aktif kuliah, seperti Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur (AMKT) Kersik Luwai, bagi kamu yang berasal dari Kalimantan Timur. 

             Universitas di Yogyakarta juga memiliki fasilitas asrama bagi para mahasiswa, terutama mahasiswa baru. Diantara contoh kampus yang menyediakan fasilitas asrama yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Asrama ini di sediakan bagi para mahasiswa baru UMY hanya untuk jangka waktu satu tahun. Namun jika masih ingin melanjutkan lebih dari satu tahun, maka akan ada seleksi lagi sebagai calon pengurus, dan jika lolos maka sudah tidak akan di kenakan biaya lagi seperti tahun pertama, alias gratis. Fasilitas yang di sediakan yaitu springbed, kipas angin, meja belajar dan kursi, televisi, laundry, wc, kamar mandi dan lemari pakaian.

         4. Wisma 

                   Hunian yang selanjutnya yaitu wisma, namun jarang yang ingin tinggal di wisma karena biaya yang cukup besar. Namun biasanya wisma di huni oleh para mahasiswa pascasarjana. Kisaran harga sekitar 2.5 juta keatas perbulannya namun fasilitas yang disediakan sangat lumayan seperti hotel kebanyakan.

         5. Perumahan

                    Jika kamu ingin memiliki rumah sendiri sepenuhnya, maka kamu bisa membeli rumah di komplek perumahan yang tersedia di sekitar kampus. Harga berkisar dari 100 juta keatas tergantung dekorasi dan luas serta kemewahan dan kenyamanan rumah tersebut.

         6. Masjid

                     Nah, hunian selanjutnya yaitu masjid. Lho kok masjid ? ia. Kamu bisa tinggal di masjid atau mushola-mushola yang ada, dengan menjadi ta'mir atau pengurus masjid, dan itu gratis, dapat pahala lagi. Tugas kamu hanya membersihkan, dan adzan ketika waktu shalat, atau menggantikan ceramah jika diminta. Biasanya pihak masjid akan memberikan kasur dan lemari, bahkan ada yang memberikan bahan pangan juga lho. Tapi jangan cari enaknya, kamu harus niat karna Allah untuk beramal sholeh dan jangan lihat dunianya, karna ketika kamu mengejar akhirat maka dunia akan mengikutimu.

              Nah, demikian sedikit info buat kamu yang sedang mencari tempat tinggal untuk kuliah di Yogyakarta. Jadi buat kamu gak usah takut deh bakal susah cari tempat tinggal, karna ada banyak sekali pilihan untuk dapat tinggal di Yogyakarta dari yang gratis sampai yang bayar. Jadi ga usah pusing mikirin hidup di Jogja, karna yang harus dipikirin adalah tugas dari dosen, haha.. (just kidding). Terimakasih, semoga bermanfaat.
Baca Juga

Posting Komentar

5 Komentar

  1. Terima kasih. Good article!

    BalasHapus
  2. silahkan hubungi atau sms nomer ini gan 085346129974 atau bisa email ke okpanji@gmail.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih min... ARtikelnya sangat bermanfaat.

    Jika temen temen membutuhkan mesin mesin rekayasa tepat guna untuk membantu kebutuhan rumah tangga atau produksi, please visit www.asterra-mesin.com

    BalasHapus