Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menghindari Malas Ketika Timbul

           Seringkali malas merupakan kendala utama yang dihadapi banyak orang, khususnya dalam pekerjaan atau suatu kegiatan yang harus dilakukan namun bukanlah hobi atau kegiatan yang disukai. Ketika seseorang memutuskan untuk mengerjakan sesuatu di waktu yang akan datang, maka akan muncul semangat untuk mengerjakannya  pada waktu yang telah direncanakan, namun seringkali semangat itu hilang seiring berjalannya waktu, dan pada akhirnya rencana yang dinginkan tidak dapat berjalan dengan keinginan.



          Malas merupakan hal yang sulit dihilangkan bagi yang berpikiran seperti itu. Mengapa saya katakan demikian karena masih ada orang lain yang tidak malas di dalam kegiatan yang sama dan mereka tidak menganggap malas sebagai kendala yang besar, dan mereka lebih dapat melawan rasa malas yang terkadang timbul saat ingin melakukan sesuatu.


         Berikut ini saya sebutkan beberapa tips untuk melawan rasa malas  agar tidak menjadi kebiasaan yang menempel pada diri kita :


1. Jangan berpikir lagi ketika akan mengerjakan sesuatu

             Seseorang tentu memiliki agenda yang ingin dikerjakan di waktu mendatang, dan tentu kita sudah memikirkannya mengapa kita akan melakukan agenda tersebut. Namun seringkali rencana itu gagal karena kita berpikir sesaat sebelum mengerjakannya, sehingga kemudian muncul berbagai pertimbangan untuk menunda dan menunda. Maka seharusnya yang kita lakukan adalah mengerjakannya dengan spontan tanpa keraguan  agar tidak muncul pikiran untuk menunda.


2. Hilangkan pikiran untuk selalu bersenang-senang dengan bersantai

             Ketika seseorang sering bersantai maka itu akan menjadi salah satu pendorong untuk menunda pekerjaannya, karena hal tersebut telah menjadi kebiasaan dan tertanam dalam otak. Akibatnya, ia akan terus berusaha mencari waktu santai dan berat untuk melakukan kegiatan yang banyak memakai waktunya.


3. Jangan menganggap pekerjaan sebagai beban

             Diantara hal yang memberatkan ketika akan melakukan pekerjaan adalah kita berpikiran bahwa hal tersebut sebagai beban dan mengganggu waktu kita, sehingga secepat mungkin kita menginginkan agar hal itu cepat selesai, akhirnya hasil yang didapat tidak maksimal karena tidak dilakukan dengan sepenuh hati.


4. Jadikan pekerjaan kita sebagai hal yang menyenangkan

             Pikiran merupakan sesuatu yang sangat berpengaruh dalam hal melakukan suatu pekerjaan, maka yang perlu kita lakukan dalam melakukan pekerjaan adalah dengan menanamkan di pikiran kita bahwa pekerjaan itu menyenangkan dan tidak menganggapnya sebagai beban. Diantaranya dengan menjadikan sesuatu yang menarik pada pekerjaan itu untuk mendorong kita agar giat melakukannya.


5. Biasakan untuk tidak menuruti malas

              Jika kita membiasakan diri untuk rajin dan disiplin dalam melakukan kegiatan apapun yang bermanfaat, maka tentu hal tersebut akan menjadi kebiasaan yang baik dan menghilangkan kesempatan bagi kita untuk bermalas-malasan. Sehingga hati akan selalu terbuka untuk melakukannya tanpa ada anggapan beban pada pekerjaan itu.


              Pada dasarnya malas merupakan pilihan. Ketika kita memilih untuk tidak malas maka kita akan senantiasa melakukan pekerjaan atau kegiatan kita tanpa rasa beban dan terganggu. Namun ketika orang memilih malas maka itulah sebab ia tidak dapat melakukan pekerjaan atau suatu kegiatan dan berpikir bahwa itu merupakan beban, padahal itu bukanlah masalah ataupun beban bagi orang lain yang juga sama pekerjaannya. Itulah yang membuat perbedaan dalam hal kedisiplinan satu orang dengan yang lainnya. Bagi sebagian orang itu sulit namun bagi sebagian yang lain itu mudah karena ia telah terbiasa dan tertanam pada pikiran mereka bahwa pekerjaannya bukanlah beban.


            Demikian yang dapat saya paparkan kepada teman-teman, semoga bermanfaat dan dapat di terapkan. Amiin.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar