Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Memahami Perasaan Orang Lain


Setiap orang memiliki perasaan yang selalu mengiringinya dalam setiap kejadian yang bermacam-macam, serta di ekspresikan dengan tampilan yang berbeda-beda pula, tergantung dari kejadian apa yang di alami oleh orang itu. Namun pada kenyataannya tidak semua yang di ekspresikan oleh seseorang itu sesuai dengan apa yang di rasakan di dalam hatinya, karena ia tidak ingin keadaan hatinya yang sebenarnya di ketahui oleh orang lain. Dalam memahami situasi ini tidaklah mudah karena kita tidak dapat melihat kedalam hati seseorang, dan hanya berusaha untuk membacanya melalui ekspresi atau sikap orang tersebut, sehingga seringkali penilaian seseorang tentang orang lain tidak sesuai dengan kebenarannya. Dan kita juga harus mengetahui mengapa kita perlu mengetahui perasaan orang lain.
sumber:https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjI_d8W0EkfjiaendNYhwH9Ao2dsMWk3Ev0l8HHowMPaj6z_9edATOwou4jZuFex-3i3SlY6fQGufKnc0kadVW7-h0BNad3iHXY9XLJU4LhRBIUzo-gPlMxd7dMHTae9-XAN_ZKMVUxLQ6W/s1600/large.jpg

Jika kita mengetahui keadaan hati orang lain kita akan dengan mudah dapat menentukan bagaimana perlakuan kita seharusnya terhadap orang tersebut, serta memposisikan diri kita agar sesuai dengan keadaannya. Dalam hal ini fungsi keberadaan kita adalah agar orang tersebut dapat terbantu dengan adanya kita, dan bukan merasa terganggu. Mungkin terdapat pertanyaan di benak kita mengapa kita terlalu perhatian mengurusi urusan orang lain, dalam hal ini yang dimaksudkan penulis adalah bukan dengan sengaja ingin mencampuri urusan orang lain, namun hal ini sangat perlu jika memang orang di sekitar kita mengalami perubahan sikap, terlebih lagi teman atau sahabat kita. Maka penting bagi kita untuk dapat membantunya dalam perkara yang sedang di hadapinya itu. Sekali lagi saya tekankan bahwa kita hanya perlu memilih sikap yang sesuai, bukan mencoba memasuki urusannya dan menjadi pahlawan untuk membantunya menyelesaikan urusannya itu. Kecuali jika ia mengutarakan permasalahannya dan meminta bantuan solusi.

Kehidupan seseorang tidak bisa terlepas dari orang lain, sehingga apapun perilaku kita akan mendapat tanggapan dari orang lain di sekitar kita, terlepas dari apakah tanggapan itu sesuai dengan harapan yang kita inginkan atau tidak. Tapi yang terpenting adalah kita sudah melakukan hal terbaik dari apa yang bisa kita lakukan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Ketika kita telah berguna bagi orang lain maka tanpa kita sadari kita akan dibutuhkan mereka, bukan mengharap tapi itulah kenyataannya sehingga hubungan sosial kita dan orang sekitar kita akan semakin erat. Dan ketika kita selalu berlapang hati untuk membantu orang lain maka demikianlah yang akan kita dapatkan dari orang lain, namun satu hal yang perlu untuk kita tanamkan pada diri kita adalah jangan pernah mengharap balasan dari apa yang kita lakukan untuk orang lain, dan berikanlah perhatian pada orang lain dengan sukarela dan kasih sayang. Maka dengan perhatian kita itu orang lain akan merasa nyaman dengan keberadaan kita, dan sebaliknya jangan sampai keberadaan kita mengganggu orang di sekitar kita atau kehadiran kita sangat tidak diharapkan dan merugikan orang sekitar. Dan yang terpenting adalah kita harus memahami perasaan orang lain jika kita ingin dipahami juga, serta jangan berharap orang lain akan membalas perhatian kita walaupun kita telah memberikan perhatian terhadap orang lain, karena tanpa di harapkanpun kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain, akan kembali lagi kepada kita.

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar

  1. "jangan pernah mengharap balasan dari apa yang kita lakukan untuk orang lain, dan berikanlah perhatian pada orang lain dengan sukarela dan kasih sayang"
    ===================================================================
    nice...

    BalasHapus