Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Menilai Potensi Diri

Setiap orang memiliki bakatnya masing-masing, ada yang hebat dalam bermain bola, bermain basket, futsal, memasak dan masih banyak lagi. Namun terkadang bakat yang dimilikinya itu tidak ia sadari, sehingga seringkali orang keliru dalam menempatkan dirinya pada aktifitasnya.



Dalam mengatasi hal ini tentu merupakan perkara yang sangat perlu dilakukan agar kita tidak salah dalam mengambil sebuah pekerjaan. Diantara cara agar kita mengetahui potensi yang kita miliki dalam sebuah bidang adalah dengan melakukan segala hal yang menjadi aktifitas kita dengan maksimal atau lakukan yang terbaik. Jika kita melakukan sesuatu tidak sepenuh hati, hal itu merupakan sebuah tanda bahwa kita tidak terlalu menginginkannya.

Jika kita telah melakukan apa yang menjadi aktifitas kita secara maksimal maka orang lain yang akan menilai kita di bidang apakah keahlian kita yang lebih menonjol, bisa melalui pujian dan bisa pula melalui ungkapan langsung kepada kita.

Dengan demikian kita dapat mempertimbangkan langkah mana yang akan kita ambil untuk mengaplikasikan kemampuan kita secara tepat, agar tidak menjadi sia-sia dan hilang begitu saja. Hal penting yang perlu kita tanamkan pada diri kita adalah bahwasannya kemampuan seseorang tidak selalu sama dalam setiap waktu. Kemampuan seseorang dapat berkembang menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan usaha-usaha yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Dan mengembangkan kemampuan sangatlah penting bagi setiap orang, karena setiap perjalanan waktu keinginan manusia selalu bertambah dan keperluanpun juga semakin meningkat, sehingga kita juga perlu menyesuaikan potensi kita untuk mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan kita.

Yang perlu kita perhatikan bahwasannya penilaian orang juga tidak selalu bisa kita gunakan untuk menentukan arah kemampuan kita sepenuhnya. Karena bagaimanapun kitalah yang lebih mengetahui kemampuan yang ada pada diri kita dan tidak seorangpun tau hati kita kecuali kita sendiri, maka lakukan semua yang terbaik dari hati kita sepenuhnya.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar